Judul : Materi Pendidikan GLOSARY SUPERVISI AKADEMIK
link : Materi Pendidikan GLOSARY SUPERVISI AKADEMIK
Materi Pendidikan GLOSARY SUPERVISI AKADEMIK
ISTILAH | MAKNA |
Analytical Observer Teacher | Dimaknai dengan guru yang memiliki abstaksi tinggi tetepi komitmenya rendah |
Antisipatif, | artinya mampu menghadapi masalah-masalah yang mungkin akan terjadi. |
Berkesinambungan | (supervisi akademik dilakukan secara teratur dan berkelanjutan oleh Kepala sekolah). |
classroom-conference | yaitu percakapan individual yang dilaksanakan di dalam kelas ketika murid-murid sedang meninggalkan kelas (istirahat). |
causal-conference | Yaitu percakapan individual yang bersifat informal, yang dilaksanakan secara kebetulan bertemu dengan guru |
Demokratis, | artinya supervisor tidak boleh mendominasi pelaksanaan supervisi akademik |
Dimensi | |
Direktif | Pendekatan direktif itu adalah Suatu kegiatan yang dilaksanakan secara teratur dan terencana pada setiap induvidu maupun kelompok dan apabila tidak dilaksanakan akan mendapat sanksi. |
Drop-out Teacher | Dimaknai dengan tipe guru dengan kwadran abstraksi rendah dan komitmen juga rendah |
Humanis | artinya mampu menciptakan hubungan kemanusiaan yang harmonis, terbuka, jujur, ajeg, sabar, antusias, dan penuh humor |
Kompeten | adalah ketrampilan yang diperlukan seseorang yang ditunjukkan oleh kemampuannya untuk dengan konsisten memberikan tingkat kinerja yang memadai atau tinggi dalam suatu fungsi pekerjaan spesifik |
Kreatif dan Inovatif | Kreatif dan inovatif adalah karakteristik personal yang terpatri kuat dalam diri seorang wirausaha sejati. |
Kolaboratif | Kolaborasi adalah bentuk kerjasama, interaksi, kompromi beberapa elemen yang terkait baik individu, lembaga dan atau pihak-pihak yang terlibat secara langsung dan tidak langsung yang menerima akibat dan manfaat |
Konstruktif | artinya mengembangkan kreativitas dan inovasi guru dalam mengembangkan proses pembelajaran |
Kooperatif | artinya ada kerja sama yang baik antara supervisor dan guru dalam mengembangkan pembelajaran. |
Kekeluargaan | artinya mempertimbangkan saling asah, asih, dan asuh dalam mengembangkan pembelajaran. |
observational visitation | Yaitu percakapan individual yang dilaksanakan setelah supervisor melakukan kunjungan kelas atau observasi kelas. |
office-conference | Yaitu percakapan individual yang dilaksanakan di ruang kepala sekolah atau ruang guru, di mana sudah dilengkapi dengan alat-alat bantu yang dapat digunakan untuk memberikan penjelasan pada guru. |
Objektif, | artinya masukan sesuai aspek-aspek instrumen. |
Professional Teacher | Dimaknai guru dengan kemampuan abstarksi tinggi dan memiliki komitmen tinggi |
Praktis, | artinya mudah dikerjakan sesuai kondisi sekolah. |
Refleksi | Kilas balik dari suatu proses pembelajaran dikaitkan dengan pengalaman dirinya terhadap tugas yang sudah dilakukan. |
Realistis, | artinya berdasarkan kenyataan sebenarnya. |
Sistematis, | artinya dikembangan sesuai perencanaan program supervisi yang matang dan tujuan pembelajaran |
Terpadu, | artinya menyatu dengan dengan program pendidikan. |
Unfocused Teacher | Dimaknai guru yang memilki komitmen tinggidan abstraksi rendah |
Demikianlah Artikel Materi Pendidikan GLOSARY SUPERVISI AKADEMIK
Sekianlah artikel Materi Pendidikan GLOSARY SUPERVISI AKADEMIK kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.