Materi Pendidikan POTENSI PESERTA DIDIK

Materi Pendidikan POTENSI PESERTA DIDIK - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang Informasi Seputar Pendidikan ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang Materi Pendidikan POTENSI PESERTA DIDIK, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel MATERI PENDIDIKAN, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Materi Pendidikan POTENSI PESERTA DIDIK
link : Materi Pendidikan POTENSI PESERTA DIDIK

Baca juga


Materi Pendidikan POTENSI PESERTA DIDIK

POTENSI adalah kemampuan yang dimiliki setiap pribadi (individu) yang mempunyai kemungkinan untuk dikembangkan sehingga dapat berprestasi. POTENSIadalah kesanggupan, daya, kemampuan untuk lebih berkembang. POTENSI PESERTA DIDIK adalah kapasitas atau kemampuan dan karakteristik/sifat individu yang berhubungan dengan sumber daya manusia yang memiliki kemungkinan dikembangkan dan atau menunjang pengembangan potensi lain yang terdapat dalam diri peserta didik. Potensi itu meliputi POTENSI FISIK, INTELEKTUAL, KEPRIBADIAN, MINAT, POTENSI MORAL DAN RELIGIUS

POTENSI FISIK tidak hanya mengacu pada kondisi kesehatan fisik dan keberfungsian anggota tubuh tetapi juga berhubungan dengan proporsi pertumbuhan dan perkembangan fisik, perkembangan dan keterampilan psikomotorik. POTENSI KEPRIBADIAN mengacu pada kemampuan mengelola emosi, mengembangkan dan menjaga motivasi belajar, memimpin, beradaptasi, berinteraksi, berkomunikasi, responsibilitas, orientasi nilai, moral dan religi, sikap, dan kebiasaan. POTENSI INTELEKTUAL sudah pasti berhubungan dengan kecerdasan yaitu prestasi akademik, kecerdasan umum, kemampuan khusus (bakat), dan kreativitas.

PROSES KOGNITIF (cognitive processes) meliputi perubahan pada pemikiran, intelegensi, dan bahasa individu. TINGKAT INTELEGENSI adalah tingkat kecerdasan yang berbeda antara satu individu dengan individu lainnya

MENURUT PIAGET. (1995)hubungan antara tingkat perkembangan konseptual anak dengan bahan pelajaran yang kompleks menunjukkan bahwa guru harus memperhatikan apa yang harus diajarkan dan bagaimana mengajarkannya. Strategi belajar yang dikembangkan dari teori Piaget ialah menghadapkan anak dengan sifat pandangan yang tidak logis agar dapat merangsang berfikir

Teknik Mengembangkan Potensi Psikomotorik Pada Peserta Didik
MODEL PERMAINAN ATAU OUT BOND Model yang satu ini mungkin menjadi yang terfavorit. Hal ini karena pada out bond terdapat beberapa macam permainan permainan yang semuanya memiliki manfaat atau memiliki tujuan tertentu.
MODEL MENIRU Dalam model ini guru menyuruh peserta didik untuk menirukan atau mengikuti apa yang diinginkan oleh guru.
MODEL KELOMPOK BELAJAR DAN BERMAIN Model ini sangat baik dilakukan pada tahap kanak kanak atau SD karena pada tingkat ini kecenderungan anak adalah berkelompok dan bermain. Dengan bermain sambil belajar maka tingkat psikomotorik anak akan berkembang dengan cepat pula.


Demikianlah Artikel Materi Pendidikan POTENSI PESERTA DIDIK

Sekianlah artikel Materi Pendidikan POTENSI PESERTA DIDIK kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: