Materi Pendidikan STRATEGI LITERASI

Materi Pendidikan STRATEGI LITERASI - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang Informasi Seputar Pendidikan ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang Materi Pendidikan STRATEGI LITERASI, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel MATERI PENDIDIKAN, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Materi Pendidikan STRATEGI LITERASI
link : Materi Pendidikan STRATEGI LITERASI

Baca juga


Materi Pendidikan STRATEGI LITERASI

SOSOK LITERAT
A.
B.
C.
D.
E.
Mampu menentukan seberapa banyak informasi yang dibutuhkan.
Mampu mengakses informasi yang dibutuhkan secara efektif dan efisien.
Mampu mengevaluasi informasi dan sumbernya secara kritis.
Mampu memadukan informasi yang dipilih ke dalam pengetahuan diri.
Mampu menggunakan informasi secara efektif untuk mencapai tujuan tertentu.
LITERASI DAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI
A
B
C
D

E
F
G

Menghubungkan pengetahuan dengan pengalaman sebelumnya.
Melakukan preview dan prediksi untuk meningkatkan pemahaman teks.
Mengelola informasi dan menerapkan kerangka dan kategori yang bermaka.
Mampu menggunakan pancaindra (melihat, mendengar, merasakan, membaui, atau mengecap) gambaran yang disampaikan dalam teks tulis.
Memantau pemahaman secara mandiri.
Mengevaluasi teks secara kritis.
Memberikan penilaian terhadap bentuk dan/atau isi teks.Menerapkan pengetahuan yang diperoleh dari teks untuk situasi baru.
ISTILAH TEKNIS
A

B

C

D


E


F

G

Think-aloud: strategi untuk membunyikan secara lisan pada saat berusaha memahami bacaan, memecahkan masalah, atau mencoba menjawab pertanyaan.
Inferensi: simpulan sementara berdasarkan informasi yang tersirat dalam teks. Inferensi dapat didukung dengan ciri/bukti/fitur khusus yang ada dalam teks.
Keterkaitan antarteks atau intertekstualitas merujuk pada keterkaitan teks dengan teks yang pernah dibaca sebelumnya, teks dengan pengalaman pribadi, atau teks dengan hal lain.
“Ringkasan” dalam arti luas diperoleh dengan kegiatan meringkas isi, mengidentifikasi gagasan utama, menceritakan kembali, membuat sintesis, membuat pertanyaan tentang isi, dan sebagainya.
 Evaluasi teks dapat berwujud antara lain (a) membuat opini terkait teks; (b) membuat penilaian langsung; (c) intertekstualitas; (d) memilih/menentukan moda yang paling sesuai untuk tujuan tertentu.
 “Moda” merujuk pada bagaimana atau dengan cara apa pesan disampaikan (teks tulis, audio, visual, audiovisual, digital, kinestesik, dsb.).
 Pengatur grafis (graphic organizers): berbagai bentuk tabel atau grafik untuk membantu pemahaman dengan cara mengorganisasikan ide/pikiran/gagasan.


Demikianlah Artikel Materi Pendidikan STRATEGI LITERASI

Sekianlah artikel Materi Pendidikan STRATEGI LITERASI kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: